Kamis, 27 Desember 2012

Baksos Bening Plus Plus Plus Plus


Baksos Bening plus plus plus plus? apaan sih? Kalo Baksos? udah pasti tahu kan ya, merupakan kegiatan bakti sosial di lingkungan masyarakat. Bening plus plus plus plus? apaan? nama jalan? nama siaran televisi? atau malah dikira sejenis makanan?
Bukan.. Jadi ceritanya aku beserta teman-teman kos ku (via, tudzla, pumo, tetri, kiki, dwi, risna) dari dulu sudah mengagendakan akan melaksanakan baksos kecil-kecilan ke panti. Ntah udah berapa lama agenda itu dibuat tapi belum sempat-sempat terlaksana. Hingga akhirnya kemarin, akhirnya terealisasikan juga keinginan kami untuk baksos ke panti, Tak hanya kami satu kost, tapi juga bersama beberapa teman lain seperti kak Nopi, Rasyid, Haidir, dan lola. Nah, Baksos kami inilah yang akhirnya kami namai baksos bening plus plus plus plus. Bening yang merupakan nama kos kami dan kata plus sebanyak 4 kali maksudnya plus 4 orang lain di luar kos kami.. 8)

Setelah melakukan survei tempat, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan baksos ke panti asuhan kampung melayu, karena tempatnya cukup dekat dan mudah dijangkau.
Panti asuhan kampung melayu ini berlokasi di Jalan Kampung melayu kecil II no 21.A Jakarta Selatan.

Sebelum melakukan baksos, via dan pumo melakukan survei dulu ke sana dan berkonsultasi dengan pengurus panti, Pak Ujang, mengenai kapan kami bisa melaksanakan baksos. Akhirnya di dapat keputusan bahwa kami akan berkunjung ke sana pada hari Senin, tanggal 24 Desember 2012, jam 1 siang. Acara pun sudah kami susun sedemikian rupa agar acaranya berjalan menarik di sana, sembako juga sudah dibeli. Namun, tak ada yang bisa memprediksi segala kemungkinan yang terjadi. Senin pagi, kami mendapat kabar dari Pak Ujang bahwa terjadi banjir besar di daerah sana, termasuk di Panti asuhan tersebut. Sepertinya itu merupakan banjir kiriman, karena sehari sebelumnya hujan sangat lebat terjadi di Bogor, sementara Jakarta tidak mengalami hujan yang deras sedikitpun. Kami jadi kebingungan, akhirnya kami berencana hanya memberi sembako saja tanpa melaksanakan acara serta ingin bantu-bantu membersihkan panti. Namun ternyata banjirnya sungguh diluar prediksi kami, banjirnya hampir sepinggang orang dewasa dan otomatis tidak memungkinkan bagi kami untuk melewati. Dan akhirnya acara baksos ini terpending. Kue  muffin yang sudah kami beli untuk dibagikan kepada anak-anak panti tak mungkin kami simpan karena kuenya tak bisa bertahan lama, akhirnya kami membeli kue tersebut dan dibagikan kepada tetangga.

Keesokan harinya kami berpikir jika terlalu lama ditunda, bisa-bisa planning ini batal kembali. Akhirnya hari itu juga kami nekat pergi, setidaknya hanya mengantarkan sembako saja. Yang pergi aku, via, tudzla, dwi, pumo, risna, kak Nopi, rasyid, dan lola. Haidir tidak bisa ikut karena ada acara, sementara tetri dan kiki tidak bisa ikut karena sedang pergi. Sekitar jam 1 agak ngaret kami pun meluncur ke tempat tujuan. Alhamdulillah, banjirnya sudah surut, tidak ada lagi tanda-tanda air sehingga kami tidak mengalami hambatan selama perjalanan. Sesampainya di sana, kami bersilaturahmi dengan pengurus panti, dan melakukan serah terima sembako dan uang. Keadaan di panti terlihat lapang karena barang-barang serta perabot di kemas akibat banjir kemarin. Ibunya bercerita bahwa kemarin tinggi air di dalam panti tersebut mencapai paha. Masya Allah. Jika di dalam panti saja sudah setinggi itu bagaimana tinggi air di jalanan. Naudzubillah min Dzalik. Jangan sampai banjir besar melanda Jakarta ini.

Setelah serah terima sembako dan uang, kami pun membagi-bagikan bingkisan snack kepada adek-adek di panti. Kelihatan wajah lelah mereka, sepertinya mereka kelelahan sehabis membersihkan panti akibat banjir. Andaikan kami datang agak pagian mungkin kami bisa membantu mereka. Sayang kami datang siang, dan saat itu panti sudah bersih.

Karena kami membatalkan acara yang telah kami susun melihat situasi panti yang tak memungkinkan, jadi setelah membagi-bagi snack, kami hanya melakukan foto bareng bersama penghuni panti. Setelah puas berfoto, kami pun pamit pulang. Walaupun kami tak bisa mengadakan acara di panti, setidaknya kami masih bisa menyumbangkan sembako bagi panti tersebut. Alhamdulillah, akhirnya baksos kami terjalankan. Harapan kami, kegiatan baksos ini bisa menjadi kegiatan tahunan kos kami. Bagi siapa yang mau ikut ntar.. Ayoo ikut.. Mari kita bersama berbagi dan peduli.. ^^

Berikut beberapa dokumentasi kami selama di panti.. :)


Serah terima dengan pengurus panti

adek-adek panti yang berbaris menunggu giliran pembagian snack
bagi-bagi snack


Foto bareng penghuni panti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar