Jumat, 28 Desember 2012

Sekilas perjalanan Rihlah RQ


Semua berkumpul untuk ikut rihlah
Di hari ahad di Kebun Raya Bogor
Bersama ukhti-ukhti semuanya
Hanya di temu ramah..

Rumah Qur'an STIS.. STIS.. huuuu...
Dari Jalan Otista.. jalan otista.. huuu..
Kami siap beraksi.. siap beraksi.. huuu..
Semangat ukhuwah, kami menebarkan cinta..

RQ STIS OK....

Lagu diatas menjadi pembuka cerita. Itu lagu apa sih? Itu lagu yel-yel kami, RQ STIS dalam rihlah RQ kemarin.. Instrument nya disadur dari lagu Hip-Hip Hura.. Terinspirasi dari lagu magradikanya 54 nih.. hehe..

Hari ini, RQ mengadakan suatu kegiatan yang mana diikuti oleh berbagai RQ yang ada di lingkungan Jakarta dan sekitarnya. Waktu dan tempatnya? silahkan baca di yel-yelnya.. hihi.. :D
Ya, acaranya hari ahad kemarin, tanggal 23 Desember 2012, di Kebun Raya Bogor.
Sebelumnya, aku mau ngucapin Alhamdulillah.. akhirnya bisa juga aku menjadi bagian dari keluarga RQ.. di postingan terdahulu aku pernah ngepost kalo ingin sekali masuk RQ dan alhamdulillah sekarang sudah terijabah.. Alhamdulillah Ya Allah.. Semoga tetap istiqomah di jalan ini.. aamiin.

Nah, kegiatan kali ini yaitu rihlah. Apa sih rihlah? Rihlah itu merupakan suatu kegiatan bepergian yang dibarengi dengan niat ibadah.
Adapun RQ yang ikut rihlah hari ini yaitu RQ Pasar minggu, RQ STAN, RQ IPB, RQ UI 1, RQ UI 3, RQ UI Depok, RQ LIPIA, dan pastinya tak ketinggalan RQ STIS.. ^^

Kami mengagendakan untuk berkumpul jam 6 ontime di dekat shelter busway bidaracina, tepatnya di depan bonansa. Tapi as usual, ada jam karet jadi berangkat ke stasiun nya jam setengah 7. Karena masih ada beberapa yang belum datang jadi diputuskan sebagian berangkat duluan ke stasiun, yaitu aku, tetri, tudzla, putri, fina, ulya, qori, resty dan dwi. Kami menuju stasiun tebet karena memang itu merupakan stasiun terdekat dari daerah tempat kami tinggal, cukup naik angkot 44 aja dan sampailah di stasiun.
Kereta pertama ternyata datang jam setengah 8, jadilah mau tak mau kami menunggu selama kurang lebih setengah jam. Tak lama kemudian datanglah sebagian rombongan kami, yaitu kak firna, kak arin, kak suci, kak isti, okta, lili, nisa, ustadzah aisyah dan kakaknya. 
Sambil menunggu kereta tiba, kami menghapal nama-nama surah di Al-Quran yang nantinya bakal menjadi agenda di acara rihlah yaitu menghapal nama-nama surah tersebut. Tapi tak sekedar membaca, pake nada lagu dong, hehe. Jadi kami disuruh menghapal serta menyanyikan nama-nama surah di Al-Quran yang sebanyak 114 itu dengan lagu. Kami akhirnya memutuskan untuk menggunakan lagu Muhammadku nya Haddad Alwi sebagai nada lagu kami. Ternyata susah juga menghapal nama surah sebanyak itu. Tiba-tiba muncul guratan kekaguman pada saudara-saudara di luar sana yang sudah menjadi hafidz/hafidzah Al-Quran. Mereka sudah menghapal ayat-ayat Al-Quran, sementara ini cuma ngapalin nama surahnya saja, sudah kewalahan. Tapi tetap ga boleh putus asa, suatu saat nanti Insya Allah pasti bisa menyusul mereka.. aamiin.

Lanjut cerita, tak lama kereta pun tiba, dan kami sesegera mungkin masuk berharap masih tersedia kursi kosong. Namun apa mau dikata, kursi penuh dan kamipun harus berdiri. Selama di dalam kereta, kami lagi-lagi tak henti mengulang-ngulang hapalan nama surah. Kami menghapal bersama-sama, dengan suara yang agak sedikit keras. Mungkin mbak-mbak yang ada di dekat kami lama-lama bisa hapal kali yak sama nama surah-surah itu karena selama perjalanan kami terus-menerus menyanyikan hapalan nama-nama surah itu, hehe..

Sekitar pukul sembilan, kami sudah tiba di bogor dan langsung tancap gas ke KRB. Ketika sampai di KRB, kami kebingungan mencari tempat di mana kegiatan itu dilaksanakan. Katanya lokasinya di dekat danau, lantas kami pun berjalan mengelilingi danau tapi tetap saja tidak ditemui tanda-tanda adanya acara. Kami sedikit terlunta-lunta di sana, untung lah akhirnya  kami menemukan beberapa RQ lain yang duduk-duduk santai menunggu acara yang belum kunjung mulai. Dan berita buruk, ternyata tempat untuk kami mengadakan kegiatan tersebut sudah ditempati oleh pengunjung KRB lain, jadilah kami pindah lapak. Setelah berjalan cukup jauh akhirnya dipilihlah suatu padang rumput yang cukup luas untuk tempat berlangsungnya kegiatan rihlah ini. Kami pun menggelar karpet kami yang ala kadarnya untuk dijadikan alas duduk.

Akhirnya acara pun dimulai pukul 11, ngaret 2 jam karena seharusnya di run down, acara dimulai pukul 9. Mungkin perlu adanya manajemen waktu yang baik untuk kegiatan ke depannya :)
Acara dibuka oleh MC yang berasal dari STAN. Subhanallah, pake bahasa arab bicaranyaa.. Salut deh, walaupun ga ngerti apa yang di omongin karena memang kurang begitu menguasai bahasa arab, tapi kasi applause banget deh buat MC nya. lalu dilanjutkan dengan tilawah yang ga kalah hebatnya, tilawah tanpa lihat Al-Quran. Subhanallah. Dan dilanjutkan kata sambutan dari Ustadz Fadli. 
Setelah acara pembukaan, ikhwan dan akhwat di pisah tempatnya untuk kegiatan selanjutnya. Akhwat tetap di tempat dan ikhwan berpindah agak menjauh.
Agenda selanjutnya yaitu yel-yel masing-masing RQ.. Subhanallah, bagus-bagus yel-yel mereka, ada terselip kata motivasi, tentang Al-Quran, panjang-panjang pula.. Hampir sealbum lagu dinyanyiin.  Lalu sesaat muncul minder dengan yel-yel kami. *jleb, yel-yel kami pendek dan hahaha.. you know lah, baca aja liriknya di atas.. huehehe.. unsur islami nya agak kurang yak? tapi gapapa, tetap happy dan enjoy. Percaya diri aja lagi.. hehe.. Dan beberapa gerakan yel-yel pun di buat dadakan di tempat, biar ada variasinya juga lah daripada cuma diem.. Tapi keren gerakan nya, hehe.. ^^

Setelah semua RQ menampilkan yel-yelnya, ada acara hiburan bagi siapa yang mau menampilkan bakatnya boleh maju ke depan. Ada beberapa yang nampilin bakat nyanyi, dari IPB ada, dari pasar minggu ada, dari STIS? *krik krik* mau nampilin apa hayoo? mau maju buat ngebuktiin rumus unbiased estimator dari Y atau mau ngitung koordinat tabung dengan integral lipat 3? atau mau menguji kebenaran hipotesis? atau malah mau ngoding dengan syntax-syntax java? hahaha.. :D

Tak lama waktu Zuhur sudah datang, kegiatan pun dipending sejenak untuk ishoma dan diberikan waktu untuk sholat dan makan hingga jam 1. Setelah ishoma kegiatan dilanjutkan dengan games. Games pertama yaitu memindahkan bola pingpong dengan menggunakan tali rafia. Masing-masing RQ harus menunjuk 5 peserta untuk permainan ini. Dari STIS, yang menjadi pemain yaitu tetri, ulya, kak suci, tudzla dan nisa. Semangat.. semangat.. dan horeee.. kami mendapat juara 1. \(^o^)/
Habis games pertama, kami eksis-eksisan dulu, foto-foto.. hehe.. sambil menunggu games selanjutnya.. ^^
Tim RQ STIS akhwat :)

foto kami satu kos yang RQ juga ga ketinggalan.. ^^

Selanjutnya games kedua, yaitu mindahin air, tapi tadi kurang ngerti teknisnya gimana,  soalnya ketika games ini lagi ga ditempat, hehe.. yang jelas permainan ini diikuti oleh 6 orang dari masing-masing RQ, dan sepertinya untuk permainan ini STIS belum berkesempatan menjadi juara. Gapapa yang penting happy.. :D

Nah setelah games ini acara yang ditunggu, tukaran kadoo..
Tapi teknis penukarannya berbeda dari biasanya. Ini keren nih.. hehe..
Jadi ceritanya seluruh peserta Rihlah membuat satu barisan memanjang ke samping (ikhwan akhwat tetap pisah). Dan nun jauh di sana sudah dihamparkan seluruh kado dari peserta rihlah. Nah, panitia akan memberi aba-aba untuk berlari, kayak lomba lari aja.. "Bersedia.. Siap.. Mulai!! Dan seluruh peserta langsung berlomba-lomba berlari ke arah hamparan kado tersebut untuk rebutan mengambil kado. Lucu nih, rusuh.. hehe, aku sampai jatuh malah -,-"

barisan saat akan mengambil kado
 Dan setelah semua sudah mendapat kado, masing-masing membuka kado yang mereka dapat. Dan alhamdulillah, aku mendapat dompet kecil berwarna coklat dari ukhtiku di sana. Yang aku cari pertama bukan kadonya, tapi kata mutiaranya. Jadi selain kado, peserta rihlah juga diharuskan membuat suatu kata-kata mutiara yang diselipkan di dalam kado tersebut. So sweet kan ya.. ^^
Siapapun yang memberi kado ini Syukron Katsiran ya Ukhti.. Sungguh bermanfaat kado nya, karena memang lagi butuh juga dompet-dompet kecil ini, jadi kan ga perlu beli. hehe.. Sebenarnya pengen tahu siapa yang ngasi biar bisa kenalan gitu.. tapi sayang ga ada nama pemberinya.. :|

Oh iya, nih kata mutiara yang kudapat dari ukhtiku.. :)

Aku tak mengatakan "Simpanlah uangmu di dompet ini.." atau "Sisakan uang recehmu di sini.."
Tapi yang ingin ku katakan...
"Ketika kau lihat si coklat ini, berhasratlah uang di dalamnya untuk kau sedekahkan..!!" ^.^

Kado punyaku? Siapapun yang mendapatkan nya semoga suka ya dengan kadonya.. Juga denga kata mutiaranya.. Semoga berkesan dan dapat memberi manfaat bagi yang mendapatkannya.. :)

Dan dengan begitu selesailah acara rihlah, Selanjutnya diisi dengan ceramah singkat dari ustadz fadli. "jangan pernah menyerah dalam tahfidz Quran, Insya Allah Tahun 2015 kita bisa mengeluarkan 30 hafidz/hafidzah dari Rumah Quran." Begitulah beliau berkata.  aamiin.. semoga juga bisa menyusul menjadi hafidzah kelak.. aaamiin Ya Allah.. >.<
 Kemudian acara ditutup dengan puisi dari salah seorang ikhwan, puisi karya taufik Ismail
Suka banget isi puisi nya, makanya waktu pulang langsung di search deh puisi nya.. Puisinya ntar deh di post di postingan berikutnya.. :)
Ketika acara selesai, semua menuju masjid untuk shalat Ashar, tetiba hari menggelap dan byaarr.. hujan lebat pun terjadi.. Semua berlari cepat ke masjid dan basah kuyup pun tak terelakkan. Dan sore itu seusai shalat kami nekat menerobos hujan untuk pulang, maklum.. hari sudah semakin sore dan jarak yang kami tempuh untuk pulang lumayan jauh dan harus pake kereta pula. Tapi untungnya, hujan sedikit mereda sehingga kami tidak menemui hambatan untuk pulang.

Begitulah perjalan rihlah RQ hari ini, semoga ke depan nya semakin banyak acara-acara RQ yang dapat menyambung ukhuwah islamiyah kami. dan, semoga semangat mempelajari Al-Quran kami semakin bertambah dan Insya Allah semoga kami dapat menjadi para hafidz/hafidzah yang berkualitas.. aamiin.. :)


begitu indah ukhuwah..
ia manis, semanis madu dari nektarnya bunga..
ia harum, seharum wangi kesturi..
Ketika mulai mencicipinya, 
hati ini tak kan pernah akan melupakannya..
Ia terekat erat, bagai temali panjang yang mengikat silaturahim..
seerat kisahku hari ini denganmu wahai ukhti-ukhtiku..
Seindah ukhuwah, semanis madu..
Semoga ukhuwah kita selalu terjaga dan dirahmati Allah..

Salam ukhuwah,

Senandung penuh cinta bersama Al-Qur'an :)

-Anis Fakhrunnisa_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar