Sabtu, 14 Juli 2018

Challenge to Myself



Jadi ceritanya belakangan ini lagi ngikutin medsosnya perempuan BPS menulis. Awal mulanya sih dari IG, terus kebetulan ada buka kelas sharing gitu, jadi ikut deh.
Tapi ya seperti yang di tahu, harusnya nulis nya yang berbau ilmiah gitu ya, atau jurnal atau opini. But, if you know, i don't have many skill to write something like that (yaelah mbak sok inggris lagi mentang-mentang visitornya ada yang bule wkwkwk). Ya begitulah, sejujurnya dulu aku tumbuh menulis berawal dari genre fiksi (Cerita tentang asal usul suka menulis bakal di bahas di bab lain ya nanti hihi). Ya, karena genre nya yang fiksi-fiksi jadi banyakan ya tulisan hayalan gitu deh hahaha. Tulisan yang mengandalkan imajinasi dan perasaan aja *tsah. Dan nyatanya itu lebih hidup dan mengalir sehingga membuat jari-jariku dengan lincah menari-nari di keyboard laptop (Tuh, bahasanya aja uda alay tinggi tingkat dewa wkwk). Tapi dari kebanyakan ilmu dan masukan yang ku dengar, bagaimana cara buat memulai menulis dengan tingkatan kualitas yang lebih tinggi? jawabannya cuma "rutin menulis", oh iya tambahan kalo untuk yang ilmiah ditambah dengan harus melek berita dan rajin baca koran atau artikel. Nah, untuk saat ini, mungkin aku masih harus menuju ke level "rutin menulis". Katanya tulis apa aja, mau cerita pribadi kek, puisi kek atau apa kek, intinya nulis. ya ada bener nya juga sih, masalah utama ketika ingin menulis itu adalah mengumpulkan niat ._. 
Kadang itu kalo lagi di jalan, atau lagi baringan, atau lagi ngapain gitu, pasti muncul aja sekelebat kata-kata yang berjejal-jejal di kepala membentuk suatu rangkaian cerita yang kemudian langsung diiyain, oh oke, ini harus ditulis entar. Tapi kenyataannya? :|
Apalagi sekarang uda babak belur sama kerjaan yang gaada habis-habisnya, pulang-pulang capek, terus males deh nulis. Trus cerita-cerita yang uda melayang-layang di kepala jadi menguap deh gara-gara nggak langsung ditulis. Kayanya ku perlu alat yang bisa metransformasi isi pikiran jadi tulisan deh secara instan, jadi kalo lagi mikir sesuatu langsung tiktiktiktik, terketik jadi tulisan dan tadaaa jadi deh mahakarya lagi wkwkwk, nggak perlu capek ngumpulin niat buat nulis dan nggak perlu khawatir isi pikirannya menguap karena uda secara instan terproses jadi tulisan tuh pikiran hahaha. Anis anis, ngayalnya kebanyakan sih, lu kira ini dunia doraemon apa ._.

Okeoke, uda kebanyakan narasi lah itu diatas.
Jadi intinya dulu uda diniatin pas uda memasuki 25 tahun aku bakal nantang diri aku sendiri rutin nulis.
Nah, aku udah bikin 5 headlines pokok, yang permasing-masing headlines nya terdiri dari beberapa judul tulisan, niat awalnya sih semoga full sebulan nulisnya tapi kalo lebih wah alhamdulillah sekali :D
tapi jangan terlalu berekspektasi tinggi ya sama tulisannya haha. Ini cuma tulisan kayak menceritakan kisah sehari-hari gitu, dan tentu saja masih bertema ringan alias nggak menyentuh bau ilmiah dulu. Ntar kalo ku udah terbiasa menulis baru lah ya nyoba nulis artikel atau opini. Oke, apa saja headlines nya?

- This is me! 
(Menceritakan apa saja tentang aku yang mungkin perlu untuk kujabarkan, ya karena disini blog nya aku dan tokoh utamanya aku, jadi ya headlines utama dan pertamanya ya aku, wkwk. Barangkali ada yang mau kenal jauh gitu tentang akuuu :3) 

- My Family!
(Menceritakan tentang sosok-sosok berharga yang selalu dengan setia berdiri menopangku hingga aku menjadi seperti sekarang. Sosok-sosok tercinta yang selalu membuatku rindu dengan kata "rumah")

- My Favorite!
(Menceritakan tentang hal-hal yang kusukai, disini mungkin lebih membahas ke penjabaran hal-hal itu, nah kalo disini bisa jadi nih, ada ilmiah-ilmiah nya dikit, secara aku akan sedikit mengulas info yang kudapat dari om google buat kutaroh ditulisanku ntar, tapi tetap, kayanya masih banyakan prosanya :3)

- Every things about Konut!
(Menceritakan tentang apa saja yang kutemui dan kualami selama menapakkan kaki di tempat yang bisa kubilang sekarang rumah kedua ku setelah pontianak ini. Tentang hal-hal berkesan yang akan kurangkum menjadi tulisan sebagai kenangan bila kelak ku sudah tak disini~)

- Statistician's Life!
(Menceritakan tentang hal-hal berkesan selama ku menjajaki dunia perstatistikan ini, dari zaman kuliah yang mungkin belum sempat kutulis, hingga sekarang bekerja menjadi seorang PNS Muda dan ceria di BPS :3)

Daaaan, itu dia poin-poin besar yang akan menjadi challenge buatku. Harusnya sih ini mulainya terhitung sejak sehari setelah ku ulang tahun sih, tapi karena ya biasa, malesnya masya Allah ditambah ada target kerjaan yang harus diselesaikan jadilah baru dimulai sekarang. Gapapa, lebih baik telat daripada tidak sama sekali kan?

Okee, selamat menjalani hari-hari menulis.
Doakan saja diri ini istiqomah menulis tiap hari. Dan kamu si sifat malas. hush hush, pergi jauh-jauh sana. 

And tomorrow, challenge will be accepted!!
See you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar