Senin, 16 Juli 2018

This is me! : [1] Little Anis

 Masa kecil merupakan masa-masa yang tak akan pernah dilupakan oleh setiap orang. Kadang mengenangnya membuat diri ini senyum-senyum sendiri, dan tentu saja ada beberapa hal yang dirindukan yang mungkin tak akan bisa kita ulang di masa sekarang. Baiklah, kali ini aku akan menceritakan masa kecilku yang mungkin terlihat lebih cemerlang dibanding aku yang sekarang haha. Masa kecil yang jika kuingat rasa-rasanya membuatku bangga menjadi seorang anis :3


Aku anak sulung dari 4 bersaudara. Aku dilahirkan pada hari Senin, tanggal 12 Juli 1993, pukul 08.00 WIB. Dilahirkan di daerah pinggiran kota yang dulu masih termasuk daerah perkampungan dengan penerangan yang ala kadarnya, kalo sekarang mah jangan ditanya, salah satu perguruan tinggi Pontianak berdiri megah disana, rumah sudah padat, ada perumahan elit, yaa udah kota banget lah. Kata mama, dulu waktu aku lahir, aku hanya diterangi oleh pelita, tau kan pelita? penerangan yang menggunakan wadah sejenis kaca yang didalamnya terdapat sumbu dan minyak buat menyalakan apinya. Persalinan mama dibantu oleh penolong persalinan tradisional dari desa, dulu nyari bidan di daerah perkampungan masih susah dan mau ke rumah sakit mahal kali lah, maklum keluarga sederhana. 

Menjadi anak pertama dari pasangan yang baru menikah di tahun 1992 tentunya taulah ya gimana disayangnya. Dijaga, bahkan kata mama satu nyamuk pun ga boleh ada yang nyentuh wkwk (maklum yee mama oe juga hobi ngeguyon, jadi kalo ngomong suka agak dilebai-lebain gitu, tapi romantis kaan :3). Dan bayi mungil yang lucu nan menggemaskan itu diberi nama "Anis Fakhrunnisa", Dulu kata ayah, arti namaku itu perempuan yang pintar, lemah lembut dan mulia. 

Anis, usia 6 bulan

 Kata mama, "dulu anis waktu kecil umur 8 bulan uda jago ngomong, udah lancar nyebut mama, ayah sama manman (nama panggilan untuk pamanku, kakak laki-lakinya mama). Terus waktu kecil nggak pake merangkak-merangkak lagi, kata mama, pagi-pagi bangun tidur mama kaget anis uda lari, eh kapan belajarnya, uda langsung bisa jalan aja haha. dan itu dibenarkan oleh para tetangga yang katanya dulu selalu menyebutku bayi ajaib wkwkwk. Kata mama aku dulu terkenal dong dikalangan tetangga dan keluarga :3. Sekali lagi, itu bukan pamer yee, cuma mau bilang aja kejujuran dari seorang mamah hahaha. 
Itu dari mama, kalo dari ayah lain lagi ceritanya, kata ayah dulu anis waktu bayi jarang rewel, dulu sering dibawa mama sama ayah nonton konser rhoma irama atau nonton konser dangdut (Ayahku pecinta dangdut btw haha) atau nonton ceramahnya Alm. K. H. Zainuddin, MZ, desak-desakan, panas, pengap, rame, tapi anis diem aja di gendongan mama, nggak nangis kayak anak bayi biasanya. Makanya jadi anak kesayangan banget dulu (sekarang lebih disayang bangeeet lagii :3, tapi karena udah ada adek-adek, jadi yaa harus ngalah-ngalah dikit lah ._.)
 
Dan begitulah, kalo ditanya, Yah, nama anis artinya apa? jawabannya selalu "perempuan yang mulia, cerdas, dan lemah lembut". Jadinya kuterdoktrin dengan jawaban itu, dan kalo ada yang nanya ya kasi jawabannya itu, bodoh amat dah orang mau muntah-muntah atau bilang itu pembohongan publik wkwkwk. Tapi lambat laun, ketika sudah mengenal internet, sudah bisa searching-searching, ku akhirnya tau apa arti namaku sebenarnya, Ternyata nggak seperti yang ayah bilang :O.  Anis Fakhrunnisa, artinya hanya "Wanita yang mulia". Ternyata ayah yang nambahin kalimat "cerdas dan lemah lembutnya" haha, katanya nggak papa biar jadi doa :'D. Kata ayah, Ayah kasi nama itu, terus jadinya pas kan, Anis dari kecil anaknya cerdas, proses belajarnya cepat, trus nggak pernah rewel, kalo dibawa kemana-mana nggak pernah protes, diem aja ngikut, memang bayi kalem, kalo istilah sana sebutannya bayi anteng" (Itu kata mama sama ayah yaa, dilarang protes :p) . Yaa begitulah, terlepas dari apapun arti namanya, alhamdulillah baik. Nama adalah sebuah doa, semoga berhasil tertanam dan terimplementasikan dalam diriku ini. Allahumma aamiin.

Eh kok jadi malah ngebahas panjang lebar arti nama yak haha. Oke lanjut, jadi singkat cerita, aku bertumbuh menjadi anak yang ibunya fulltime di rumah. Dulu mama sempat jadi guru honor di salah satu SMP, dan waktu mama ngajar, aku ngikut tuh ke tempat ngajarnya mama. Main-main sendiri di lapangan, dan pernah ngerasain juga jadi dedek-dedek emesh yang "cubitable", dan dikerumunin kakak-kakak sekolahan yang hobi main sama anak kecil wkwk.
Tapi kayanya itu nggak lama, lalu mama banyakan di rumah, sambil ngajarin aku ngaji, baca dan nulis. Dulu aku nggak dimasukin TK. Jadi jangan tanya ya, anis sekolah TK dimana? Jawabannya ya di rumah hehe. Dulu waktu udah SD, sempet iri sama tetangga depan rumah yang masuk TK, pakai baju seragam, pernah iri juga kalo lewatin TK di jalan, banyak mainannya, ada ayunan, perosotan, rame lagi banyak temennya main sambil nyanyi-nyanyi. Trus jadinya nanya sama mama, kok dulu Anis nggak TK ma? Mama bilang, anis nggak TK aja uda pinter kok, tuh buktinya uda bisa baca tulis, temen-temen yang lain belum tentu lancar. Sama aja kok, bahkan di rumah belajarnya lebih seru lagi soalnya kan dulu gurunya mama lebih hebat dari guru-gurunya, terus kalo di TK kamu nggak bebas, kalo dirumah kan belajarnya bisa sambil makan, sambil nonton, sambil baring-baring lagi.  Temannya juga banyak kok, tuh anak-anak gang kan sering main bareng kalo sore. Trus dalam nalar anak bocah ini ada benernya juga sih, jadi ya iya iya aja, dan sampai sekarang juga nggak pernah nyesal kok, bahkan sangat beruntung karena bisa diajar langsung sama guru terhebat sedunia, mamaa hihi :D

Kerja keras mama mengajariku membuahkan hasil. Alhamdulillah, aku tak pernah kelewatan menjadi peringkat pertama di kelas saat SD. Dan untuk masalah belajar orang tuaku memang mendidiknya agak keras. Dulu kalo belum ngerjain PR nggak boleh main. Dan apakah kalian pernah merasa dirobek buku tulisnya di rumah? Aku pernah. Orangtuaku dulu termasuk tipe perfeksionis urusan nilai. Setelah semalaman belajar, nilaiku harusnya tinggi, aku selalu dikasi target nilai. Nilainya nggak boleh kurang dari 8 (Dulu nilai tertinggi 10 ya, bukan 100). Dan suatu hari nilai matematikaku dapet 7, dan si anis kecil ini uda keringat dingin, dan kuinget banget waktu itu singgah ke warung minta lem sama koko-koko cina penjualnya, terus di lem deh halaman yang dapet 7 itu, lalu bukunya ditaruh di belakang-belakang tas biar nggak ketahuan, baru deh pulang haha.  Dan ternyata itu adalah kesalahan fatal. Karena pulang telat, jadinya pulangnya diomelin (kesalahan fatal dilangkah pertama yang akhirnya beruntut ke selanjutnya ._.), terus diminta tasnya buat di cek pelajaran hari ini, dan eng ing eng... ketemulah buku tulis matematika itu. Aku lupa kalau mamaku cerdik banget. Ya keliatan lah ya kalo buku habis di lem, anis pinter banget sih :".
"Ini kenapa bukunya di lem gini."
Dan anis yang lugu menjawab, "Nggak sengaja kena lem ma ._."
"Kok bisa kena lem?"
"Ada temen tadi main lem di sekolah terus kena buku."
"Kok, bisa rapi lemnya?"
"._." *speechless*
Dan mama menemukan sebuah keganjilan, dan dibukalah buku itu, dan ditemukan lah angka 7 yang terpampang gede di halaman itu. 
"Ini apa nih, dapet 7, bukunya di lem lagi biar mama nggak tahu, mau bohong sama mama ya?
Dan anis kecil pun mengeluarkan jurus andalannya, "nangis" wkwwk
"iyaa maa, nggak tau kenapa bisa dapat 7, padahal rasanya bisa tadi ngisinyaa.." dan blabla sambil nangis sesunggukkan, takut dimarahin wkwk
Tak lama kemudian... *sreeek* buku nya dirobek, persis di halaman yang dapat nilai 7. daaan di jewerlah telinga nya karena bohong ._.
Abis itu disuruh masuk kamar, nggak boleh main keluar sama temen-temen, disuruh tidur siang, merenung dan belajar di kamar. 
(PS : Jangan dicontoh kelakuan bocah ini yaa, untung udah insyaf ._. )
Dan itulah kejadian yang paling kuingat sepanjang sejarah haha. Tapi kalo bukan karena itu, mungkin aku sudah males-malesan belajar, mungkin aku menyepelekan pelajaran, mungkin aku nggak bisa menjadi aku yang sekarang.

Malem harinya mama minta maaf, buku yang dirobek tadi, lalu diisolasi sama mama. Mama bilang harus belajar lebih rajin lagi, dan jangan bohong lagi,itu bikin mama jadi makin marah. Lalu akupun meminta maaf atas keslahanku, dan janji nggak akan ngulangin lagi. Aku juga janji bakal belajar dengan rajin. Dan buku yang diisolasi itu, menjadi pelecutku buat belajar, kalo ngeliat bekas isolasi itu, langsung keinget dijewer dan bukunya dirobek, jadinya rajin lagi belajarnya haha. Kalo ayah sebenarnya lebih keras lagi didikannya, pokoknya kalo malam, nggak boleh buka TV sampai jam 8, harus belajar. Jadi waktu nontonnya jaman SD cuma bisa puas kalo weekend doang. Nah, kalo nilainya ada yang jelek, nggak boleh deh tuh nonton kartun hari minggu. Bagi anak bocah jaman dulu, melewatkan film doraemon dan kawan-kawan sambil leyeh-leyeh di depan TV itu sungguh menyiksa huhu. Makanya jadinya belajarnya rajin deh haha.

Dan begitulah, anis kecil tumbuh menjadi anak yang dibanggakan mama dan ayah. Berkat didikan yang keras alhamdulillah selama 6 tahun di SD nggak pernah lepas dari peringkat 1. Jadi jangan heran ya dulu aku jadi anak kesayangan guru-guru dan terkenal di sekolah :3. Coba aja deh main, terus sebut nama anis, pasti langsung tau, wkwkwk, tapi sama guru-guru yang senior ya haha.

Oh iya, ada yang terlupa, dulu anis kecil juga jago nyanyi looh~
Tuh liat aja piala-piala di rumah hasil lomba nyanyi hohoho. Tapi kayanya uda patah kemana-nana deh, secara udah lama banget, dulu pindahan rumah pun, jadi ya wassalam lah itu piala. Dulu sering ikut lomba-lomba gitu, terus sering juga naik panggung pas ada acara di kantor ayah, atau ada acara kondangan wkwk. Jadi dulu di desa nya keluarga mama, kalo kesana pasti uda ditau, itu anis yang suka nyanyi haha. Yaaa dulu aku hobinya nyanyi pake banget, sampai sekarang juga sih, tapi karena dulu suara nya dijaga dan dilatih jadinya bagus, sekarang mah udah enggak terkontrol haha.

Eh satu lagi, anis kecil dulu juga hobi mengarang dan puisian,
suka nya bikin puisinya, bukan bacanya, tapi ibu-ibu guru di kantor taunya anis mahir juga bacanya, jadilah waktu kelas 5 SD diikutkan lomba baca puisi. Jadi inget banget dulu dilatih sama guru bahasa Indonesia sampai nangis-nangis karena nggak bisa tapi dipaksa terus sampai bisa haha. Dan pas lomba, uwoo peserta dari sekolah lain keren-keren dong. Apalah awak ini, hanya remah-remah rempeyek yang tergilas mobil lalu hanyut terbawa air hujan ke sungai ._.
Daan uda tau lah apa hasilnya, kalaah haha. Tapi, seenggaknya dari sana aku mendapatkan pengalaman berharga, kapan lagi coba baca puisi di reramaian orang se SD di pontianak wkwk. Duh banggalah. Alhamdulillah wa syukurillah.

Dan begitulah cerita anis kecil, banyak ya pengalamannya dan prestasinya, sekarang semuanya kemana hayoo~
Hiks nggak tau kemana T.T
Kok jadi merosot ya :')
Nggak apa-apa seenggaknya pernah cemerlang kan ya :D. Ah tapi bagi orangtuaku, aku selalu cemerlang kok hihi. Aku tetap jadi anak kebanggaan mereka. Dan dengan dukungan dari orangtuaku, aku yakin aku bisa menjadi orang yang bermanfaat dan lebih baik :)

Dari cerita ini aku cuma mau menyiratkan bahwa tumbuh kembang anak ternyata sangat sangat dan sangat menjadi moment paling berharga bagi orangtua. Kasih saya orang tua tak pernah habis, dan tentu saja orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Berkat orang tua, aku tumbuh menjadi sekarang, dari anis kecil menjadi anis dewasa yang Insya Allah kelak semoga dimampukan Allah untuk membalas jasa mereka dan membahagiakan mereka. :)

Anis usia 3 tahun saat wisuda mama




Tidak ada komentar:

Posting Komentar