Sabtu, 17 November 2012

My Mentoring :')

Mentoring? apa sih mentoring itu? mungkin sebagian orang agak asing dengan kata mentoring..
Mentoring merupakan suatu forum diskusi kecil yang dipimpin oleh seorang murobbi, adapun kita-kita yang di didik dinamakan mentee.. Di mentoring ini kita bisa memperoleh kajian materi-materi seputar agama Islam yang disampaikan oleh kakak murobbi, bisa juga sharing ilmu agama, diskusi serta tanya jawab tentang ilmu agama yang mungkin sebelumnya kita tidak tahu. Mentoring merupakan tempat mengecharge ruhiyah kita ketika iman kita lagi down. Dengan mentoring aku bisa menjaga ibadahku. Insya Allah.  Bagiku mentoring itu bagaikan siraman embun sejuk ketika hati sedang gersang, pendingin kalbu ketika jiwa sedang terbakar penyakit hati, dan penyegar pikiran ketika raga telah lelah dengan segudang kesibukan duniawi.
Kelompok mentoringku dipimpin oleh seorang murobbi yaitu Mbak Henny Eka Wardhani, dengan anggota kelompoknya aku, kiki, tudzla, putri, tetri, via, risna, ifah, dan ayu. Dan dikelompok ini alhamdulillah aku dipercaya untuk menjadi mas'ulah nya.
Aku sayaang banget kelompok mentoring ku, kami sudah seperti keluarga. Ibaratnya sudah tahulah karakter masing-masing, secara mungkin juga kami kebanyakan tinggal satu kost. hehe..
Nama kelompok mentoring kami sepatu kuning, nama itu merupakan identitas kelompok kami ketika pembentukan kelompok mentoring di acara SM#SH dulu di utan kayu waktu kami masih tingkat 1. haha.. tapi udah jarang dipake namanya, sekarang terhitung sejak acara DATA di taman wiladatika cibubur kemarin, nama kelompoknya brownies, ada kepanjangannya tapi rahasiaa.. hehe..
Yaah,, begitulah.. kami sudah menjalani mentoring bersama kurang lebih setahun. Makanya udah nempel berat sama mbak henny nya, mau curhat atau segala macam juga udah biasa. Pokoknya benar-benar sudah seperti keluarga.
Namun akhirnya datang juga lah masanya yang sebenarnya paling tak ingin ku hadapi. Di pertemuan terakhir mentoring kami kemarin, mbak henny mengatakan bahwa akan ada semacam perombakan anggota mentoring. Kami kemarin kaget banget, secara kami gak mau pisah. Awalnya katanya mungkin hanya kakak mentoring nya yang berubah karena mbak henny diminta untuk memegang mentoring angkatan 51, kami membujuk-bujuk mbak henny agar tetap menjadi murobbi kami, dan mbak henny gak bisa kasi kepastian karena yang menentukan adalah kakak-kakak tingkat atas. Dan saat itu mbak henny juga bilang mungkin ada sedikti perubahan anggota, dan kami jadi semakin kaget, yaa kami gak mau pisah, kami ingin tetap begini dengan kelompok mentoring ini, dengan anggota dan murobbi yang sama. Namun semua keputusan itu tidak bisa kami putuskan sepihak. Yah kami hanya bisa pasrah saja dan berharap kami masih bisa barengan.

Well, acara perobakan metoring tersebut namanya TIMUN EMAS, "Temukan Indahnya MUtiara hiNgga kE MuarA Syurga". Acaranya diadakan tanggal 10 November 2012 di Ragunan. Sayang acaranya bentrokan sama acara jalan-jalan bimbel. Sebenarnya pengen banget ikut, cuma karena dari awal sudah diamanah kan buat jadi panitia acara jalan-jalan bimbel, yah harus komitmen dengan apa amanah yang pertama kali kupegang. Walaupun sebenarnya gak enak banget sama mbak henny dan beberapa teman lain, tapi apa mau dikata, aku juga tak bisa lepas tangan dengan acara bimbel ini, karena aku sebagai seksi sarana dan prasarana yang mungkin banyak dibutuhkan selama kegiatan berlangsung.

Selesai cerita, acara timun emas sudah selesai dan aku juga sudah pulang dari jalan-jalan bimbel. Tak ada tanda-tanda perubahan apapun, aku lega, mungkin kami masih sekelompok. Namun ketika di kampus, mencul pembicaraan-pembicaraan hangat seputar re-posisi mentoring. Kata reza, ada beberapa yang di reposisi dari kelompok mentoring awal, dan reza sendiri termasuk salah satu yang di reposisi sendiri dari kelompok mentoringnya. reposisi maksudnya dipindah kelompok mentoringnya dari kelompok awal mentoring ke kelompok yang baru. Aku sebenarnya cemas juga, takut kena reposisi karena aku benar-benar ga mau pisah dari kelompok mentoring ku, sungguh. Tapi aku tetap berpostif thinking, gak, aku gak mungkin kena reposisi, gak mungkin. Tapi begitu aku mendengar dari okta bahwa dia melihat namaku juga sebagai salah satu yang di reposisi, aku kaget, tapi lagi-lagi aku berpikir baik, gak, gak mungkin aku pindah, gak ada di kasi tau juga kok.Jadi aku masih santai aja.
Sebeanarnya takut juga, makanya pulang kampus begitu ketemu via aku langsung nanya masalah reposisi itu. Dan ternyata... benar, aku di reposisi.. begitu dengar itu ntah kenapa tiba-tiba aja ada air mata yang netes, makin lama makin banyak pula.. jadilah aku nangis di depan pos satpam. pasti bagi orang aku cengeng banget ya, masa' gara-gara itu aja nangis di tempat umum pula. cengeng cengeng.. Tapi mau gimana lagi? Aku susah banget jelasin gimana perasaan ku. Sedih banget, karena aku benar-benar gak mau pisah mentoring. Kalau saja aku bisa, aku gak bakal nangis, tapi aku gak bisa, air mata ini ngalir terus, kayak saluran bocor, Lebai mungkin, tapi yah memang gitu keadaannya.
Malamnya mbak henny datang ke kost, ngasi pengertian ke aku. Kasihan  mbak henny, mungkin sudah nunggu lama di kos, sementara aku baru pulang ke kos sekitar jam 9 malam karena ada beberapa agenda yang aku kerjakan sepulang kuliah sehingga tidak langsung pulang. Ngeliat mbak henny sebenarnya aku gak mau keliatan kalo aku abis nangis, tapi ngeliat mbak henny yang tenang, aah lagi-lagi gak kuat nahan nagis.. aku sayang mbak ku yang satu ini.. T.T

Kami berdua berbicara di kamarku, mbak henny nenangin aku dan ngasi pertemuan kalo reposisi bukanlah sesuatu yang buruk. Aku bertanya, apakah aku di reposisi gara-gara aku kemarin tidak ikut acara timun emas? Namun mbak henny menggeleng, Bukan. reposisi itu agar aku bisa berkembang lebih baik lagi dengan lingkunganku yang baru. mungkin dengan kelompok yang baru semangat ibadahku semakin bertambah karena bersama orang-orang yang aktivitasnya sama-sama padat namun ibadahnya masih luar biasa. Sebenarnya itu yang aku takutkan, melihat orang-orang yang ada di kelompok baruku sekarang, mereka adalah orang-orang yang tergolong hebat, terutama dari sisi agama, dan aku belum siap berada diantara orang-orang hebat, aku masih sangat kurang jika dibanding mereka, apalagi jika melihat kakak murobbi ku yang katanya orang bps, alumni STIS angkatan 46, beliau orang yang hebat dan sbnarnya jarang memegang mentoring tingkat 2, biasanya tingkat atas. aku jadi semakin minder, bisakah aku berada diantara mereka?
Namun mbak henny bilang, justru dengan itulah kita mampu belajar. Belajar dengan mereka orang-orang hebat kita akan ikut terpacu untuk senantiasa seperti mereka. Ketika iman kita sedang lemah di sela-sela kesibukan yang sedemikian padatnya, melihat mereka-mereka yang terus bersemangat dalam ibadah, tentu muncul perasaan malu jika kita tak mampu menyeimbangkannya. Dan kata mbak henny dulu beliau juga begitu, sedih juga namun pelan-pelan dijalani pasti akan terasa mudah.
Banyak kata-kata penyemangat lain yang diberikan oleh mbak henny untuk memotivasiku, bahwa sesungguhnya untuk menjadi lebih baik itu memang diperlukan pengorbanan. Perlahan aku juga bisa menerimanya. Bahkan mbak henny juga tidak melarang jika aku mau ikut nimbrung di mentoring mbak henny. Selama untuk mencari ilmu kenapa tidak? aah, aku sayang mbak henny, dan aku suka tiap kata-kata motivasi yang keluar dari mulutnya.. Uhibbuki fillah mbak :')

Namun terkadang terasa janggal aja ketika mereka pergi mentoring dan aku tidak ada bersama mereka, berasa ada yang hilang.. Ketika aku dulu harus menyiapkan siapa aja yang bakal jadi MC atau pun penyampai kultum, dan sekarang ketika job itu ga ada, berasa benar-benar ada yang hilang.. Tapi aku harus ingat kata mbak henny, menuntut ilmu itu tak kenal tempat, di mana pun, dengan mentoring siapapun kita harus tetap maju.. Bismillah, mudahkanlah langkah hamba dalam mencapai RidhoMu Ya Allah. Semoga dengan ini hamba semakin bisa mendekatkan diri pada Mu. 
Selamat datang kelompok mentoring baru dan teman-teman baru.. semoga ukhuwah islami kita terjalin erat, dan dapat menjadi sebuah keluarga baru yang saling nengingatkan dan menguatkan.. aamiinn..

*Spesial for Mbak henny dan teman-teman mentoringku yang dulu.. maaf ya jika selama mentoring ada kata atau sikap yang tak berkenan. Bakalan kangen dengan masa-masa mentoring duluu.. Semoga kekeluargaan kita masih terus terikat, walaupun sebenarnya masih bisa bersama kalian karena barengan satu kost.. hehe.. sering-sering mentoring di kost kita aja deh biar bisa ikutan nimbrung.. :'D
pokoknya sayaang kalian semuaa.. :')

pertama kali pembentukan mentoring, sepatu kuning.. yg dtang cuma 4 orang, hihi.. :')

Beberapa dokumentasi kegiatan DATA at Cibubur  (minus Ayu danVia)



Ultah Mbak Henny :)


1 komentar: